Pages

Minggu, 30 September 2012

Cara Membuat Tempat Pensil

 Cara Membuat Tempat Pensil Dari Bambu



alat dan bahan :
 
- bambu kering 

- lem fox

- kulit batang pisang ( 
untuk dibuat tali  )
- gergaji

- pisau

- penggaris dan bolpoin

- pitur kayu atau cat pengkilap

- amplas



cara membuat :
 
1. ambil bambu haluskan bagian buku dengan pisau
2. potong sebesar 20 cm  menggunakan gergaji  ingat yang dipotong haru di atas buku bambu  
    ( diukur dari buku bambu pertama)
3.  haluskan bagian potongan dengan pisau dan amplas
4.  lalu  beri pola yang mana akan dilit tali   
5.  lalu beri lem
6. lalu lilitkan talinya 
7. setelah itu tunggu kering
8. lalu beri plitur atau cat pengkilap
9. lalu tunggu kering



Cara Membuat Tempat Pensil

Kamis, 27 September 2012

Membuat Kerajinan Dari Botol Plastik

Kreatif Membuat Kerajinan Dari Botol Plastik


Bagi anak anak membuat Kerajinan Tangan dari botol aqua ini sangatlah menyenangkan untuk bermain dan melatih kreatifitas anak dalam memanfaatkan barang Bekas Botol Dirumah.
Ada macam banyak cara membuat kerajinan tangan dari botol aqua bekas, macam macam kerajinan tangan dari botol plastik merupakan hasil kreasi unik yang dapat menambah keindahan estetika, berikut ini adalah macam macam jenis Kerajinan Tangan dari botol aqua yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk cara membuat Kerajinan Tangan dari botol aqua

Berikut adalh contoh-contoh kerajinan yang sudah jadi :



Membuat Kerajinan Dari Botol Plastik

Rabu, 26 September 2012

Membuat Puisi

Belajar Membuat Puisi

Pengertian Puisi

Siapa sih orangnya yang belum pernah membaca sebuah puisi? Meski Anda adalah seorang Presiden sekalipun, pasti pernah sekali waktu dalam hidup Anda, pernah membaca sebaris puisi. Mungkin saat itu membaca tersebut belum sampai pada tahapan mampu mengapresiasi, namun tetap saja Anda pasti akan mampu menikmati keindahan sebuah puisi. Pada setiap kata demi kata, dan barisan kalimatnya.
Yah benar, puisi itu memang indah. Puisi membuat hidup semua orang mendadak menjadi ceria. Kalau itu puisi cinta. Puisi pun mampu merubah mindset orang secara tiba-tiba, apabila puisi yang dibaca kebetulan memiliki motivasi kuat. Dan sebagainya.
Lalu apa sebenarnya makna atau pengertian puisi tersebut. Dalam sebuah definisi disebutkan, bahwa puisi adalah kata-kata yang dirangkai sedemikan rupa untuk mencapai nilai estetika dari curahan hati.
Sebetulnya tak ada teori atau resep khusus membuat puisi. Seperti teori gravitasi saat membangun sebuah gedung, atau resep khusus saat membuat tempe bacem. Karena puisi itu tercipta bukan dari bangku akademis tapi dari sebuah proses. Proses itulah yang sangat penting maknanya.
Seorang profesor ahli bahasa dan sastra belum tentu mampu menulis puisi yang baik. Mereka hanya bisa menganalisis dan membuat sebuah teori bagaimana mencari makna dalam puisi.
Jika Anda ingin menulis puisi, Anda tidak perlu menjadi seorang penyair, karena gelar penyair itu diberikan oleh publik yang telah tahu kualitas puisi-puisi yang Anda tulis.
Dalam definisi lain, pengertian dari sebuah puisi adalah sebuah upacara bahasa yang memberikan kebebasan ruang pada kita untuk bermain dengan kata-kata. Maka pendekatan yang paling tepat untuk menulis puisi adalah pendekatan puisi akrostik.

Cara Menciptakan Puisi Akrostik

Dalam membuat sebuah puisi, jangan merasa putus asa lebih dulu. Biar bagaimanapun Anda harus percaya pada sebuah pendapat, bahwa talenta adalah sepersekian keberhasilan Anda, namun tekad dan keinginan belajarlah yang membuat Anda tetap sukses dalam segala hal.
Nah, ini berarti, Anda jangan mengkambinghitamkan talenta apabila merasa kesulitan dalam membuat puisi jenis ini. Namun, sebaliknya akan lebih baik apabila Anda meluangkan waktu dan belajar serta berlatih terus membuatnya.
Nah! Berikut ini adalah beberapa kiat atau cara bagaimana proses penciptaan sebuah akrostik berpuisi. Silahkan simak dan kulik informasinya:
  1. Carilah nama seseorang atau nama tempat atau nama apa pun yang akan kita jadikan sebuah gagasan.
  2. Susunlah kalimat atau kata tersebut secara vertikal.
  3. Kemudian, carilah diksi yang tepat untuk mengembangkan kata.
  4. Renungkan diksi tersebut, kira-kira sesuai tidak dengan gagasan yang kita usung. Atau pesan yang ingin Anda sampaikan.
  5. Dan tetapkan pula tema penulisan puisi tersebut. Apakah tentang cinta, kesedihan, harapan, atau kemarahan, dan sebagainya.
  6. Susunlah diksi-diksi tadi kedalam huruf-huruf yang telah Anda susun secara vertikal.
  7. Jreng… jreng…! Sebuah puisi jenis akrostik pun telah Anda ciptakan.
  8. Berlatih terus menciptakan puisi.
  9. Belajar mencari ide dan gagasan.
  10. Berlatih lagi hingga terbiasa.
Yups! Sangat mudah prosesnya bukan? Langkah selanjutnya adalah hanya tinggal memperbanyak latihan Anda. Dan entah percaya atau tidak, bagi para remaja atau mungkin Anda yang tengah jatuh cinta, sangat mudah sekali biasanya menggoreskan sebuah puisi.


 Membuat Puisi

Selasa, 25 September 2012

Membuat Mading

Belajar Membuat Mading

Majalah dinding yang sering kita sebut dengan istilah mading adalah majalah yang dikelola secara sederhana oleh suatu lembaga. Biasanya oleh sekolah-sekolah dari tingkatan sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas. Namun demikian tidak menutup kemungkinan, mading pun bisa dibuat dan dipajang pula oleh kantor-kantor pemerintahan, seperti kantor balai desa, kantor kecamatan, kantor bupati, dan lain sebagainya. Majalah dinding juga bisa kita pajang di tempat-tempat umum, seperti di terminal, stasiun kereta, halte, dan tempat umum yang lain.
Ditilik dari formatnya yang apa adanya, maka majalah dinding bisa dikatakan sebagai majalah yang amat sederhana. Kesederhanaan ini antara lain meliputi; penampilannya, bentuknya, pengelolaannya, hingga pada keterbatasan kolom atau ruang yang disediakan. Sebagai guru, tentunya kita tak asing lagi dengan majalah dinding. Terlebih guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Melalui majalah ini kita bisa mengenalkan dan melatih anak didik untuk mencoba berkarya. Utamanya yang ada kaitannya dengan tulis-menulis. Sehubungan dengan itu, ada beberapa hal yang perlu dikuasai untuk bisa menciptakan majalah dinding di sekolah kita.

Pertama, Karakteristik Mading
Majalah dinding, baik itu yang dikelola oleh sekolah maupun lembaga lain rata-rata memiliki karakter yang amat sederhana. Dikatakan sederhana, karena bentuk penampilannya lembaran, tidak berbentuk buku/majalah sebagaimana yang biasa kita kenal. Mading memiliki karakter mudah dibaca sambil berdiri. Untuk membaca majalah ini juga tidak dibutuhkan waktu terlalu lama. Mading bisa dibaca sepintas. Bisa dibaca dengan jarak lebih 30 cm dari mata kita. Mading merupakan majalah berbentuk hiasan – tulisan dan gambar- yang dipajang di dinding, yang tidak memiliki banyak kolom atau ruangan.

Kedua, Kolom atau Ruang pada Mading

Dengan kesederhanaannya, agar tetap menarik perhatian pembaca, mading dihadirkan dengan bentuk kolom-kolom tertentu. Misal; perwajahan mading (cover), ditampilkan dengan nama yang cukup memikat. Nama ditulis dengan bentuk huruf yang mudah dibaca. Usahakan cover majalah ditulis pada warna dasar yang menarik, sehingga baru saja melirik nama madingnya saja, pembaca sudah merasa terpikat untuk terus menikmati tulisan-tulisan yang disuguhkan sampai selesai.
Selain cover, wajah mading ini perlu dipetak-petak lagi menjadi beberapa kolom. Antara lain; kolom pengelola, kolom pengantar redaksi, kolom daftar isi, kolom artikel, kolom berita, kolom puisi, kolom cerita, kolom karikatur, kolom lukisan, dan kolom-kolom yang lain.

Ketiga, Sumber Tulisan
Agar kehadirannya bisa memikat pembaca, terutama anak-anak yang cinta membaca, majalah dinding harus diisi dengan tulisan-tulisan segar. Tulisan hangat yang tengah menjadi perbincangan banyak orang. Jangan menghadirkan berita atau tulisan yang sudah biasa didengar banyak pembaca! Ini jika mading kita ingin dikatakan greeess! Untuk bisa mengisi semua ruang yang ada di mading, hendaknya kolom demi kolom harus diisi dengan tulisan-tulisan tertentu. Pengatar redaksi, diisi oleh pengelola majalah, biasanya guru pembimbing. Kolom berita, bisa diisi oleh guru atau anak-anak (wartawan sekolah) dengan liputan berita kegiatan di sekolahnya. Kolom cerpen, diisi oleh anak-anak yang suka pada tulisan tersebut. Demikian pula dengan kolom puisi dan kolom-kolom yang lain. Mengingat majalah dinding sebagai media latihan menulis bagi anak-anak, maka usahakan semua tulisan bersumber dari hasil karya tulis anak sendiri. Bukan jiplakan atau guntingan dari majalah atau koran sungguhan.

Keempat, Kepala Berita
Setelah semua kolom yang tersedia di majalah dinding terisi tulisan, sebagai guru pembimbing kita haruslah bisa segera menentukan judul berita (head line) yang menarik. Kita tentukan judul tulisan yang mudah dipahami oleh anak-anak. Judul berita sebisa mungkin merupakan rangkuman dari tulisan yang ada pada majalah dinding yang kali itu ditampilkan. Dengan demikian, setiap kali mading tampil, judul berita pun berbeda-beda.

Kelima, Perwajahan
Perwajahan disebut juga tataletak atau lay out. Agar penampilan mading yang kita suguhkan kepada pembaca selalu tampak menarik, tentu saja perlu kita poles dengan wajah yang cantik. Kita tata kolom demi kolom sedemikian rupa, agar menghasilkan tataletak yang cukup memikat. Dengan wajah dan tatanan yang cantik ini diharapkan anak-anak tidak cepat merasa bosan untuk terus membacanya. Sehingga kehadiran majalah dinding kita tak sia-sia. Majalah dinding kita mendapat tanggapan baik dari pembaca (anak-anak), syukur dari sesama guru.
Demikian sekilas tulisan tentang bagaimana cara membuat majalah dinding. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi rekan-rekan guru, khususnya pengasuh majalah dinding di sekolah-sekolah.

Membuat Mading

Membuat Manga

Belajar Membuat Manga


Pengenalan

Kita mulai tutorial hari pertama kali ini dengan pengenalan apa itu manga. Jika kamu sudah tau apa itu manga, bagian ini boleh di skip :)

Apa itu manga? Manga (漫画) (baca: man-ga, atau ma-ng-ga) adalah komik dalam bahasa Jepang. Kita bisa menyebutnya komik jepang atau komik bergaya jepang. Sedangkan Anime merupakan film animasi Jepang, umumnya dikenal sebagai film kartun tetapi sebenarnya terdapat banyak perbedaan diantara kedua jenis film tersebut. Film kartun biasanya dibuat untuk anak-anak dengan tujuan untuk menghibur dan mempunyai bobot cerita lebih ringan dan lebih sederhana, sedangkan Anime memiliki bobot cerita lebih berat dan kompleks tergantung dari jenis Anime itu sendiri.

Yang kalian butuhkan untuk menggambar manga dari tutorial versiku kali ini:

  • Peralatan gambar seperlunya seperti kertas, pensil, penghapus, dll
  • Scanner atau kamera untuk mengambail gambar digitalnya
  • Software Paint tool SAI dan Photoshop silahkan berusaha sendiri untuk mendapatkannya sotwarenya ^_^  Jangan manja ya :)
  • Disarankan untuk membaca manga dan menonton anime. Ya benar, dengan begitu kamu akan lebih paham tentang manga dan bagaimana gambar itu dibuat dengan memperhatikan detail gambarnya. Semakin sering kamu melakukannya, semakin berguna nanti untuk memulai menggambar manga, karena kamu akan  lebih mudah memahami cara menggambarnya, bagaimana proposi serta bentuk wajah atau mata dari karakter yang akan kamu gambar karena kamu sudah sering melihatnya. Percayalah, kamu akan mengerti manfaatnya jika sudah memulainya nanti :)
  • Membaca buku cara menggambar manga kalo punya. Aku sendiri tidak punya :D
  • Mempelajari budaya Jepang akan membantumu dalam mendesain kostum karakter dan lainnya. Apa lagi jika kamu menguasai bahasa Jepang, kamu bisa menulis embel-embel huruf Jepang sehingga gambarmu terlihat lebih keren :D
  • Dimulai dengan menggambar karakter favoritmu. Ya, menggambar akan terasa menyenangkan jika kita menggambar karakter yang kita senangi, misal kamu menyenangi son goku, maka gambarlah dia. Meniru gambar orang lain yang kita senangi untuk belajar adalah hal yang wajar, namun jika sudah bisa menggambar dengan baik, buatlah karakter kamu sendiri untuk menggali kreativitasmu lebih dalam ^_^
Sketsa

Tahap selanjutnya ialah menggambar sketsa. Gambarlah sketsa bentuk tubuh karakter yang akan kamu buat. Buatlah sketsa dengan menggunakan pensil saja, tidak perlu ditimpa dengan drawingpen atau spidol.

Berikut adalah beberapa contoh sketsa wajah manga



Ciri khas manga adalah wajah berdagu lancip, mata dengan ukuran besar, serta ukuran hidung dan bibir yang minimalis. Gambar manga tidaklah realis, karena menurutku semua tampak lebih cakep jika digambar dengan style manga meskipun aslinya tidak seperti itu :D

Ini adalah contoh sketsa gambar yang aku buat bulan oktober tahun lalu yang sempat juga kujadikan header blog. Sketsa tidak harus bagus karena nanti akan dibetulkan dengan software paint tool.


Yang perlu kalian lakukan dalam hari pertama ini adalah membaca komik Jepang dan menonton  anime (kalau ada) sambil memperhatikan detailnya dan mulai membuat sketsanya 
Jangan berhenti berlatih, tidak ada orang yang langsung bisa melakukan sesuatu tanpa suatu latihan terlebih dahulu. Selamat mencoba :)


Membuat Manga

Senin, 24 September 2012

Menulis Artikel

Menulis Artikel Nonfiksi

Untuk artikel nonfiksi, menurut saya, kiat dasarnya cukup sederhana. Kita hanya membutuhkan "bahan dasar" sebagai berikut:
  1. Ide
  2. Berpikir sistematis
  3. Data (ini cukup relatif, karena ada juga artikel yang bisa ditulis tanpa harus mencari data)
  4. Fokus pada masalah. Jangan suka melebarkan topik ke mana-mana.
Jika keempat poin ini sudah kita miliki, maka Insya Allah, menulis nonfiksi bisa menjadi pekerjaan yang sangat mudah.

Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari contoh sederhana ini.
1. Ide

Ide itu ada di mana-mana. Kali ini, kita mengambil contoh ide yang sederhana saja, yakni: "saya ingin membaca buku sebanyak-banyaknya, tapi saya tidak punya waktu dan tidak punya uang untuk membeli buku yang banyak."

Nah, ini adalah ide yang cukup bagus dan bisa kita angkat menjadi sebuah tulisan. Di dalam ide ini terdapat sebuah masalah yang dapat kita kembangkan nantinya.

2. Berpikir sistematis

Setelah idenya ketemu, saatnya kita berpikir sistematis. Menurut saya, berpikir sistematis ini penting sekali. Salah satu kegagalan para penulis pemula adalah: mereka belum terbiasa berpikir secara sistematis. Akibatnya, mereka punya ide, tapi bingung harus mulai dari mana, bagaimaan cara mengembangkannya, dan seterusnya. Karena itu, kalau kita ingin jadi seorang penulis nonfiksi yang berhasil, cobalah mulai berlatih berpikir sistematis. Begitu ada ide, kita analisis dia secara runut, poin per poin, langkah demi langkah.

Dari contoh di atas, mari kita coba mengembangkannya berdasarkan pemikiran yang sistematis:
  • Saya berpendapat bahwa membaca itu sangat penting. Karena itu, saya harus membaca buku sebanyak-banyaknya.
  • Apa saja sih, manfaat membaca buku itu?
  • Kendala #01: Saya tak punya waktu yang banyak. Saya kan sibuk, banyak kerjaan, dst...
  • Kendala #02: Uang saya terbatas, sehingga saya tidak bisa membeli buku yang banyak.
  • Alternatif pemecahan masalah:
    1. Pinjam di perpustakaan.
    2. Pinjam buku ke teman. Perluas pergaulan sehingga makin banyak teman yang bisa meminjamkan buku.
    3. Membaca ketika dalam perjalanan.
    4. Membaca di sela-sela tugas kantor.
    5. Sering-sering browsing di internet,
    6. Dan seterusnya.
  • Pembahasan terhadap "alternatif pemecahan masalah":
    • Tentang pinjam di perpustakaan: Wah, tidak bisa! Saya juga tak punya waktu untuk minjam ke perpustakaan. Lagipula, saya seringkali belum membaca bukunya, padahal sudah saatnya dikembalikan lagi.
    • Tentang pinjam ke teman: wah, teman saya sedikit. Saya kan orangnya kuper.
    • dan seterusnya...
  • Pemecahan masalah secara menyeluruh
  • Kesimpulan
Nah, dari sistem berpikir sistematis tersebut, kita sudah menemukan Kerangka Karangan. Ya, kerangka karangan ini sangat penting, karena dari sini kita bisa mengembangkan tulisan. Kerangka tulisan ini bisa kita tulis di kertas, atau cukup disimpan di kepala saja. Terserah kita memilih yang mana, tergantung kebiasaan dan kemampuan masing-masing.

3. Data

Alangkah bagusnya jika tulisan ini kita lengkapi dengan data pendukung. Misalnya: berapa koleksi buku yang telah saya miliki, berapa rata-rata harga buku. Dari total penghasilan saya, berapa rupiah yang dapat saya sisihkan untuk membeli buku. Dan seterusnya. Data ini akan membuat tulisan kita lebih "kaya".

4. Fokus. Jangan melebarkan topik


Nah, ini adalah masalah yang seringkali tidak kita sadari ketika menulis. Sebab, kita merasa bahwa apa yang kita tulis masih berhubungan dengan tema utamanya, padahal sebenarnya tidak terlalu berhubungan, dan tidak perlu dibahas.

Misalnya begini:
Ketika menulis tentang ide di atas (kendala saya dalam membaca buku), kita tanpa sadar membahas tentang "gerakan gemar membaca yang dicanangkan pemerintah." Kita uraikan tema ini panjang lebar, ditambah berbagai data penunjang.

Menulis Artikel

Jumat, 21 September 2012

Seni Peran

Istilah-istilah Dalam Seni Peran

Adegan : Bagian dari babak yang menggambarkan satu suasana dari beberapa suasana dalam babak
Additive Mixing : Pencampuran warna pada objek yang disinari dari dua atau lebih lampu yang berbeda
Akting : Tingkah laku yang dilakukan pemain sebagai wujud penghayatan peran yang dimainkan
Aktor : orang yang melakukan akting
Amphiteater : Panggung pertunjukan jaman Yunani Kuno
Amplifikasi : Penguatan energi listrik setelah melalui rangkaian elektronik
Apron : Daerah yang terletak di depan layar atau persis di depan bingkai proscenium
Arena : Salah satu bentuk panggung yang tidak dibatasi oleh konvensi empat dinding imajiner
Artikulasi : Hubungan antara apa yang dikatakan dan bagaimana mengatakanya, dan dipengaruhi oleh penguasaan organ produksi suara
Aside : Dialog menyamping, atau suara hati dan pikiran tokoh
Atmosfir : Isitlah teater untuk menyebutkan suasana atau kondisi lingkungan
Audibility : Segala sesuatu yang berkaitan dengan pendengaran
Auditorium : Ruang tempat duduk penonton dalam panggung proscenium
Backdrop : Layar paling belakang. Kain yang dapat digulung atau diturun-naikkan dan membentuk latar belakang panggung
Bahasa tubuh : Bahasa yang ditimbulkan oleh isyarat-isyarat dan ekspresi tubuh
Bar : Pipa bisa yang digunakan sebagai baris untuk pemasangan lampu
Barndoor : Sirip empat sisi yang diletakkan pada lampu dan digunakan untuk mebatasi lebar sinar cahaya
Batten : (1) Lampu flood yang dirangkai dalam satu kompartemen (wadah). (2) Perlengkapan panggung yang dapat digunakan untuk mengaitkan sesuatu dan dapat dipindahpindahkan
Beats : Satu kesatuan arti terkecil dari dialog
Belly to Belly : Dua lensa yang dipasang berhadapan dalam sebuah lampu dan jaraknya bisa diatur
Bifocal : Lampu Bifocal adalah lampu profile standar yang ditambahi dengan shutter tambahan
Blocking : Gerak dan perpindahan pemain dari satu area ke area lain di panggung
Boom : Baris lampu yang dipasang secara vertikal
Border : Pembatas yang terbuat dari kain. Dapat dinaikkan dan diturunkan. Fungsinya untuk memberikan batasan area permainan yang digunakan
Bracket : Pengait untuk memasang lampu pada boom. Disebut pula sebagai boom arm
Catwalk : Permukaan, papan atau jembatan yang dibuat di atas panggung yang dapat menghubungkan sisi satu ke sisi lain
Clamp : Klem atau pengait untuk memasang lampu pada bar, disebut juga sebagai C-clamp atau Hook Clamp
Control Balance : Pengaturan tingkat kekerasan suatu sumber suara terhadap sumber suara yang lain
Control Desk : Disebut juga Remote Control, alat untuk mengatur tinggi
rendahnya intensitas cahaya dari jarak jauh
Cyc Light : Lampu flood yang dikhususkan untuk menerangi layar belakang (siklorama)
Denotasi : Arti yang sebenarnya sesuai dengan arti yang terdapat dalam kamus
Dialog : Percakapan para pemain.
Diafragma : Sekat yang memisahkan antara rongga dada dan rongga perut
Diffuse : Jenis refleksi cahaya yang memiliki pantulan merata serta panjang sinarnya sama
Diftong : Kombinasi dua huruf vokal dan diucapkan bersamaan
Diksi : Latihan mengeja kata dengan suara keras dan jelas
Dimmer ; Alat pengatur tinggi rendahnya intensitas cahaya
Distorsi : Hasil rekaman suara melebihi standar batas maksimal yang ditentukan
Donut : Pelat metal yang digunakan untuk meningkatkan ketajaman lingkar sinar cahaya yang dihasilkan oleh lampu spot
Drama : Salah satu jenis lakon serius dan berisi kisah kehidupan manusia yang memiliki konflik yang rumit dan penuh daya emosi tetapi tidak mengagungkan sifat tragedi
Dramatic Irony : Aksi seorang tokoh yang berkata atau bertindak sesuatu, dimana tanpa disadari akan menimpa dirinya sendiri
Ekstensi : Menambah besarnya sudut antara dua bagian badan
Eksposisi : Penggambaran awal dari sebuah lakon, berisi tentang perkenalan karakter, dan masalah yang akan digulirkan
Elastisitas : Tingkat kekenyalan suatu objek sehingga dengan mudah bisa diterapkan atau digunakan
Ellipsoidal : Jenis reflektor yang memiliki bentuk elips
Emosi : Proses fisik dan psikis yang kompleks yang bisa muncul secara tiba-tiba dan spontan atau diluar kesadaran
Ephemeral : Sifat pertunjukan yang bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama
ERS : Elliposoidal Reflector Spotlight. Lampu spot yang menggunakan reflektor berbentuk elips disebut juga lampu profile atau leko
ERS Axial : Lampu ERS yang bohlamnya dipasang secara horisontal
ERS Radial : Lampu ERS yang bohlamnya dipasang miring 45 derajat
Farce : Seni pertunjukan yang menyerupai dagelan tetapi bukan dagelan yang seperti di Indonesia
Filter : Palstik atau mika berwarna untuk mengubah warna lampu
Flashback : Kilas balik peristiwa lampau yang dikisahkan kembali pada saat ini
Flat Karakter : Karakter tokoh yang ditulis oleh penulis lakon secara datar dan biasanya bersifat hitam putih
Fleksi (flexion) : Membengkokkan suatu sendi untuk mengurangi sudut antara dua bagian badan
Fleksibelitas : Daya lentur suatu objek / tingkat kelenturan suatu objek
Flies : Disebut juga penutup. Bagian atas rumah panggung yang dapat digunakan untuk menggantung set dekor serta menangani peralatan tata cahaya
Floodligth : Jenis lampu yang sinar cahayanya menyebar serta tidak bisa diatur fokusnya
Focal Point : Titik temu (pusat) pendar cahaya
FOH : Front Of House. Bagian depan baris kursi penonton dimana di atasnya terdapat pipa baris lampu
Fokus : (1) Istilah dalam penyutradaraan untuk menonjolkan adegan atau permainan aktor. (2) Istilah tata cahaya untuk area yang disinari cahaya dengan tepat dan jelas Follow Spot ; Jenis lampu spot yang dapat dikendalikan secara manual untuk mengikuti arah gerak pemain
Fore Shadowing : Bayang-bayang yang mendahului sebuah peristiwa yang sesungguhnya itu terjadi
Foyer : Ruang tunggu penonton sebelum pertunjukan dimulai atau saat istirahat Frequency
Respon : Kemampuan dalam menangkap frekuensi pada batas maksimum dan minimum
Fresnel : (1) Lensa yang mukanya bergerigi. (2) Jenis lampu yang menggunakan lensa bergerigi
Gesture : sikap tubuh yang memiliki makna, bisa juga diartikan dengan gerak tubuh sebagai isyarat
Gestus : Aksi atau ucapan tokoh utama yang beritikad tentang sesuatu persoalan yang menimbulkan pertentangan atau konflik antar tokoh
Gimmick : Adegan awal dari sebuah lakon yang berfungsi sebagai pemikat minat penonton untuk menyaksikan kelanjutan dari lakon tersebut
Globe : Panggung yang tempat duduk penontonnya berkeliling, digunakan dalam pementasan teater jaman Elizabeth di Inggris
Gobo : Pelat metal yang dicetak membentuk pola atau motif tertentu dan digunakan untuk membuat lukisan sinar cahaya
Groundrow : Lampu flood yang diletakkan di bawah untuk menerangi aktor atau siklorama dari bawah
Imajinasi : Proses pembentukan gambaran-gambaran baru dalam pikiran, dimana gambaran tersebut tidak pernah dialami sebelumnya atau mungkin hanya sedikit yang dialaminya
Improvisasi : Gerakkan dan ucapan yang tidak terencana untuk menghidupkan permainan.
Intonasi : Nada suara (dalam bahasa jawa disebut langgam), irama bicara, atau alunan nada dalam melafalkan kata-kata, sehingga tidak datar atau tidak monoton.
Insersio : Kearah mana otot itu berjalan atau arah jalannya otot yang bergerak.
Irama : Gelombang naik turun, longgar kencangnya gerakkan atau suara yang berjalan dengan teratur
Iris : Piranti untuk memperbesar atau memperkecil diameter lingkaran sinar cahaya yang dihasilkan oleh lampu
Jeda : Pemenggalan kalimat dengan maksud untuk memberi tekanan pada kata.
Karakter : Gambaran tokoh peran yang diciptakan oleh penulis lakon melalui keseluruhan ciri-ciri jiwa dan raga seorang peran
Karakter Teatrikal: Karakter tokoh yang tidak wajar, unik, dan lebih bersifat simbolis.
Kolokasi : Asosiasi kata dengan bahasa yang tidak formal, bahasa percakapan sehari-hari pada suatu tempat dan masa tertentu.
Komedi : salah satu jenis lakon yang mengungkapkan cacat dan kelemahan sifat manusia dengan cara yang lucu, sehingga para penonton bisa lebih menghayati kenyataan hidupnya
Komedi Stamboel : Pertunjukan teater yang mendapat pengaruh dari Turki dan sangat populer di Indonesia pada jaman sebelum kemerdekaan
Komunikan : Penerima komunikasi
Komunikator : Penyampai komunikasi
Konflik : Ketegangan yang muncul dalam lakon akibat adanya karakter yang bertentangan, baik dengan dirinya sendiri maupun yang ada di luar dirinya.
Konotasi : Arti kata yang bukan sebenarnya dan lebih dipengaruhi oleh konteks kata tersebut dalam kalimat.
Konsentrasi : Kesanggupan atau kemampuan yang diperlukan untuk mengerahkan pikiran dan kekuatan batin yang ditujukan ke suatu sasaran tertentu sehingga dapat menguasai diri dengan baik.
Lakon : Penuangan ide cerita penulis menjadi alur cerita yang berisi peristiwa yang saling mengait dan tokoh atau peran yang terlibat, disebut juga naskah cerita
Lakon Satir : Salah satu jenis lakon yang mengemas kebodohan, perlakuan kejam, kelemahan seseorang untuk mengecam, mengejek bahkan menertawakan suatu keadaan dengan maksud membawa sebuah perbaikan
Latar Peristiwa : Peristiwa yang melatari adegan itu terjadi dan bisa juga yang melatari lakon itu terjadi
Latar Tempat : Tempat yang menjadi latar peristiwa lakon itu terjadi.
Latar Waktu : Waktu yang menjadi latar belakang peristiwa, adegan, dan babak itu terjadi
Level : (1) Istilah pemeranan dan penyutradraan untuk mengatur tinggi rendah pemain. (2) Isitilah tata suara untuk tingkat ukuran besar kecilnya suara yang terdengar
Lever : Bilah yang dapat dinaikkan dan diturunkan yang terdapat pada control desk
Ligamen : Jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang atau pembungkus sendi.
Melodrama : Salah satu jenis lakon yang isinya mengupas suka duka kehidupan dengan cara yang menimbulkan rasa haru kepada penonton
Membran : Selaput atau lapisan tipis yang sangat peka terhadap getaran
Metacarpal : Disebut juga dengan metatarsus atau ossa metatarsalia
yaitu tulang pertama dari jari
Mime : Pertunjukan teater yang menitikberatkan pada seni ekspresi wajah pemain
Mimetic/mimesis : Peniruan atau meniru sesuatu yang ada
Mimik : Ekspresi gerak wajah untuk menunjukkan emosi yang dialami pemain
Mixed : Jenis refleksi cahaya yang hasilnya bercampur antara relfeksi diffuse dan specular
Monolog : Cakapan panjang seorang aktor yang diucapkan di hadapan aktor lain
Noise : Gangguan suara yang tidak diinginkan dalam memproses suara atau rekaman
Observasi : Kegiatan mengamati yang bertujuan menangkap atau merekam hal apa saja yang terjadi dalam kehidupan
Orchestra Pit : Tempat para musisi orkestra bermain
Origio : Tempat otot timbul atau tempat asal otot yang terkuat
Pageant : Panggung kereta abad Pertengahan yang digunakan untuk mementaskan teater secara berkeliling
Panoramic : Kesan suara yang terdengar pada telinga kiri atau telinga kanan
Pantomimik : Ekspresi gerak tubuh untuk menunjukkan emosi yang dialami pemain
PAR : Parabolic Aluminized Reflector. Lampu yang menggunkan reflektor parabola terangkai dalam satu unit dengan lensanya
Parafrase : Latihan untuk menyatakan kembali arti dialog dengan menggunakan kata-kata kita sendiri, dengan tujuan untuk membuat jelas dialog tersebut
PC : (1) Planno Convex, jenis lensa yang permukaannya halus. (2) Jenis lampu yang menggunakan lensa tunggal baik lensa Planno Convex atau Pebble Convex
Pebble Convex : Jenis lensa yang mukanya halus tapi bagian belakangnya bergerigi
Pemanasan : Serial dari latihan gerakan tubuh dimaksudkan untuk meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot dengan cara progresif (bertahap).
Pemeran : Seorang seniman yang menciptakan peran yang digariskan oleh penulis naskah, sutradara, dan dirinya sendiri.
Penonton : Orang yang hadir untuk menyaksikan pertunjukan teater
Pernafasan : Peristiwa menghirup udara dari luar yang mengandung oksigen ke dalam tubuh serta menghembuskan udara yang banyak mengandung karbondioksida
Pita magnetic : Pita plastic yang dilapisi oleh serbuk magnet yang digunakan untuk menyimpan getaran listrik
Planno Convex : Jenis lensa (lih. PC)
Plot : Biasa disebut dengan alur adalah kontruksi atau bagan atau skema atau pola dari peristiwa-peristiwa dalam lakon, puisi atau prosa dan selanjutnya bentuk peristiwa dan perwatakan itu menyebabkan pembaca atau penonton tegang dan ingin tahu
Polarity : Kemampuan maksimum dalam menangkap sumber suara
Practical : Lampu sehari-hari atau lampu rumahan yang digunakan di atas panggung
Preset : Pengaturan intensitas cahaya pada control desk disaat lampu dalam keadaan mati (tidak dinyalakan)
Profile : Jenis lampu spot yang dapat ukuran dan bentuk sinarnya dapat disesuaikan
Properti : Benda atau pakaian yang digunakan untuk mendukung dan menguatkan akting pemeran.
Protagonis : Peran utama yang merupakan pusat atau sentral dari cerita
Proscenium : Bentuk panggung berbingkai
Proscenium Arc : Lengkung atau bingkai proscenium
Resonansi : Bergema atau bergaung
Rias Fantasi : Tata rias yang diterapkan untuk menggambarkan sifat atau karakter yang imajinatif
Rias Karakter : Tata rias yang diterapkan untuk menegaskan gambaran karakter tokoh peran
Rias Korektif : Tata rias yang diterapkan untuk memperbaiki kekurangan sehingga pemain nampak cantik
Ritme : Tempo atau cepat lambatnya dialog akibat variasi penekanan kata-kata yang penting.
Round Karakter : Karakter tokoh dalam lakon yang mengalami perubahan dan perkembangan baik secara kepribadian maupun status sosialnya
Scoop ; Jenis lampu flood yang menggunakan reflektor ellipsoidal
Sendi : Hubugan yang terbentuk antara dua tulang.
Sendratari : Pertunjukan drama yang di tarikan atau gabungan seni drama dan seni tari
Side Wing : Bagian kanan dan kiri panggung yang tersem bunyi dari penonton, biasanya digunakan para aktor menunggu giliran sesaat sebelum tampil
Skeneri : Dekorasi yang mendukung dan menguatkan suasana permainan
Skenario : Susunan lakon yang diperagakan oleh pemeran
Soliloki : Cakapan panjang aktor yang diucapkan seorang diri dan kepada diri sendiri
Specular ; Jenis refleksi yang memantulkan cahaya seperti aslinya (efek cermin)
Snoot : Disebut juga Top Hat, piranti yang digunakan untuk mengurangi tumpahan cahaya
Spherical : Jenis reflektor yang memiliki bentuk setengah lingkaran
Spread : Jensi refleksi cahaya yang mengenai objek dengan intensitas lebih tinggi garis cahayanya akan memendar dan direfleksikan lebih panjang dari yang lain
Stand : Pipa untuk memasang lampu yang dapat berdiri sendiri
Struktur Dramatik : Rangkaian alur cerita yang saling bersinambung dari awal cerita sampai akhir.
Suara Nasal : Suara yang dihasilkan oleh rongga hidung karena udara beresonansi.
Suara Oral : Suara yang dihasilkan oleh mulut Subtractive Mixing: Pencampuran warna cahaya yang dihasilkan dari dua filter berbeda
Surprise : Peristiwa yang terjadi diluar dugaan penonton sebelumnya dan memancing perasaan dan pikiran penonton agar menimbulkan dugaan-dugaan yang tidak pasti.
Sutradara : Orang yang mengatur dan memimpin dalam sebuah permainan.
Teknik Muncul : Suatu teknik seorang pemeran dalam memainkan peran untuk pertama kali memasuki sebuah pentas lakon.
Teknik Timing : Teknik ketepatan waktu antara aksi tubuh dan aksi ucapan atau ketepatan antara gerak tubuh dengan dialog yang diucapkan.
Tema : Ide dasar, gagasan atau pesan yang ada dalam naskah lakon dan ini menentukan arah jalannya cerita.
Tempo : Cepat lambatnya suatu ucapan yang kita lakukan
Thrust : Bentuk panggung yang sepertiga bagiannya menjorok ke depan
Timbre : Warna suara yang memberi kesan pada kata-kata yang kita ucapkan
Tirai Besi : Satu tirai khsusus yang dibuat dari logam untuk memisahkan bagian panggung dan kursi penonton. Digunakan bila terjadi kebakaran di atas panggung, tirai ini diturunkan sehingga api tidak menjalar keluar dan penonton bisa segera dievakuasi.
Tragedi : Salah satu jenis lakon yang meniru sebuah aksi yang sempurna dari seorang tokoh besar dengan menggunakan bahasa yang menyenangkan supaya para penonton merasa belas kasihan dan ngeri sehingga penonton mengalami pencucian jiwa atau mencapai katarsis
Trapezium : Tulang yang ada pada antara pergelangan tangan dan ibu jari tangan
Trap Jungkit : Area permainan atau panggung yang biasanya bisa dibuka dan ditutup untuk keluar-masuk pemain dari bawah panggung.
Wicara : Cara kita berbicara dan cara mengucapkan sebuah dialog dalam naskah lakon
Under : (tata suara) Hasil rekaman suara yang sangat lemah

 Seni Peran

Tips Menjadi Seorang Model

Tips Menjadi Seorang Model / Super Model Yang Profesional

 

1. Menyadari Bahwa Menjadi Seorang Model Menuntut Persyaratan Yang Cukup Berat

Dari segi fisik, untuk menjadi seorang model pada umumnya Anda harus memiliki kelebihan secara fisik. Entah rambut yang indah, ukuran tubuh yang ideal, berat badan ideal, kulit yang lembut, kulit bebas jerawat, atau ciri fisik lainnya. Tentunya Anda tak boleh main-main saat menjadi model, Anda harus siap untuk melakukan latihan ekstra keras, fitness dengan serius dan teratur, melakukan berbagai perawatan tubuh, hingga diet ketat.

Siapkan terlebih dahulu diri Anda. Jika memang Anda siap menjalani semua persyaratan tersebut. Ikuti langkah berikutnya.

2. Punya Tujuan Yang Harus Dicapai

Apabila Anda ingin sukses dalam bidang model professional yang sedang digeluti, maka Anda harus memiliki gambaran tentang masa depan. Ketika saya ingin menjadi model pun, saya bercita-cita menjadi salah satu model professional terbaik. Anda pun bisa melakukan hal yang sama.

3. Belajar

Dalam dunia model ternyata banyak hal yang harus dipelajari. Tidak hanya belajar sebagai foto model professional yang baik saja, tetapi harus mengetahui siapa saja yang berperan dalam karier kita. Misalnya, saya ingin mengetahui siapa fotografer atau stylish yang akan menangani saya, termasuk dalam majalah apa foto saya akan dimuat. Begitu pun yang harus Anda lakukan. Jika Anda ingin memperdalam bidang tertentu, maka Anda harus mempelajarinya dengan sungguh-sungguh dan mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan karier Anda.

4. Tentukan Bidang Model Yang Profesional Ingin Anda Jalani

Ada beberapa bidang modelling yang wajib Anda pilih dan tentukan terlebih dahulu:
Model Plus Size, yaitu model dengan ukuran tubuh plus, untuk melakoni beberapa peran yang memang memiliki ukuran tubuh plus

Model Catwalk, model yang satu ini diwajibkan untuk memiliki tubuh langsing ideal. Tinggi badan kurang lebih 170 cm, dan Anda diwajibkan melakukan diet ketat, agar ukuran tubuh Anda tidak melar dan sesuai dengan ukuran baju desainer

Model Underwear, seksi? ya tentu saja. Seorang model underwear wajib memiliki ukuran payudara yang relatif besar, pinggul kecil, dan tubuh langsing

Model iklan, pada umumnya model iklan adalah seseorang yang camera face, dengan ukuran tubuh ideal dan penampilan yang menari k

5. Bekerja Dengan Rasa Percaya Diri

Hasil kerja keras yang baik tentu saja didapatkan dari rasa percaya diri yang kuat. Untuk itulah Anda jangan menunjukkan sikap takut atau khawatir kepada semua orang, meskipun perasaan gugup sering kali menghinggapi hati setiap seseorang. Anda pun sebagai model professional bisa mengatasi rasa gugup selama di atas catwalk. Caranya, tataplah mata orang-orang di sekeliling Anda dan katakan dalam hati bahwa inilah momen yang Anda inginkan sejak lama. Yakinlah bahwa apa yang Anda lakukan kali ini merupakan yang terbaik.

6. Lakukan Beberapa Photo Take di Studio

Saat ini banyak studio-studio photo yang ada di sekitar kita. Coba untuk buat janji dengan mereka, dan minta mereka memfoto Anda dengan berbagai pose. Tentunya Anda harus pandai memilih gaya, dan lihat bagaimana hasil foto Anda. Berusahalah agar terlihat ekspresif dan menarik di dalam foto.

7. Agen Model

Kirimkan hasil foto Anda beserta cerita singkat tentang diri Anda, serta keinginan Anda berlenggok di dunia model kepada agen model. Cermati juga memilih agen model yang terpercaya. Tunggu sampai Anda dipanggil dan diminta untuk menghadiri wawancara.

8. Siapkan Akting Anda

Jangan datang tanpa persiapan yang baik saat interview. Sebelumnya lakukan latihan di rumah di depan cermin, bagaimana saat ekspresi Anda harus bahagia, tertawa, menangis atau marah. What? ya, tentu saja. Seorang model kan harus dapat melakoni banyak peran dan menghayati perannya, sama seperti seorang artis. Dengan demikian, sebuah foto akan tampak seperti nyata dan indah.

9. Profesional dan Kerja Keras !!!

Jika ternyata agen model tak memanggil Anda, jangan kecewa dan marah. Mungkin masih ada beberapa hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu.

Untuk menggapai kesuksesan, maka Anda harus bekerja keras dan jangan sekali pun menyerah pada keadaan. Banyak orang yang mengatakan ingin memiliki karier seperti saya, maka jawabannya adalah kerja keras dan tidak pernah menyerah pada apa pun juga.

10. Terbuka Terhadap Hal-Hal Baru

Sikap terbuka terhadap banyak hal tentu saja sangat diperlukan. Jika ingin sukses, maka Anda pun harus bisa bersikap terbuka terhadap hal-hal baru. Anda juga harus menyikapi pengalaman yang belum Anda terima sebelumnya itu secara positif.

Namun jika ternyata Anda dipanggil dan diterima sebagai model. Pastikan bahwa Anda menyiapkan jadwal dan disiplin menjalani jadwal kerja Anda. Pandai-pandailah mengorganisasi dan mengatur waktu Anda.

Selamat menjadi seorang model, Cheers!

 Tips Menjadi Seorang Model